Berita & Artikel

Dies Natalis ke 1 Politeknik Tempo

Perayaan Dies Natalis ke-1 Politeknik Tempo


Oleh : admin
10/04/2022
Bagikan :

Politeknik Tempo Jakarta hari ini, Sabtu 9 April 2022 genap menginjak usia satu tahun. Rangkaian Dies Natalis I yang telah digelar sejak Februari lalu, hari ini mencapai puncak acara.

 

Perayaan Dies Natalis ke-1 ini digelar secara hybrid di Gedung Tempo Media lt 6, melalui zoom meeting, dan live streaming melalui Youtube Channel Politeknik Tempo.

 

Sejumlah tokoh memberikan ucapan selamat dan apresiasi pada Politeknik Tempo, seperti Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Gubernur DKI Anies Baswedan, dan Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama.  Juga ada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah.

 



Dalam sambutan virtualnya, Menteri Nadiem menyampaikan bahwa Politeknik Tempo adalah jawaban dari kebutuhan industri yang membutuhkan link and match antara pendidikan dan dunia kerja.“Kerja sama DUDI tidak bisa lagi sekadar tanda tangan MoU, tapi langsung kerja praktik,” katanya.  Nadiem berharap lembaga perguruan tinggi vokasi ini akan menghasilkan lulusan yang siap kerja pada dunia industri kreatif.  Ia menyebut, pemerintah saat ini berusaha menghilangkan tembok yang memisahkan dunia akademis dan dunia usaha.

 

Dengan demikian, Nadiem berharap perguruan tinggi lebih relevan dengan dunia nyata.

Nadiem meminta Politeknik Tempo dapat membekali mahasiswa dengan pengalaman, pengetahuan, dan kemampuan yang memicu inovasi.   “Alumni Politeknik Tempo harus menjadi agen transformasi yang adaptif dan kreatif dalam perubahan zaman,” ujarnya.

 



Dies Natalis I juga istimewa karena menampilkan karya mural Cindy, Dosen Desain Media Politeknik Tempo.  Selain itu juga ada penampilan Beny Maulana, dosen Desain Media Politeknik Tempo, yang membuat ilustrasi khusus menyambut Dies Natalis I kampus vokasi yang didirikan Yayasan Rumah Edukasi Tempo ini.

 





Kuliah umum #5 bertajuk “Connecting Happiness, Berbagi dan Membantu Sesama” hari ini menjadi rangkaian pamungkas kuliah umum dalam rangka Dies Natalis.  Pemateri dalam kuliah umum ini adalah Direktur JNE Mohamad Feriadi dan Direktur PT Info Media Digital Burhan Sholihin.




Keduanya menyampaikan bahwa tak selamanya bisnis hanya untuk memupuk keuntungan. Namun, ada saatnya pengusaha juga harus berbagi, sehingga semua pihak bahagaia.

 

Bertepatan dengan bulan Ramadan 1443 H, Politeknik Tempo dengan dukungan berbagai pihak, termasuk JNE, Paragon Corporation, kalbe dan HokBen, berkesempatan berbagi santunan dengan anak-anak yatim dari Panti Asuhan Mizan Amanah.

 



Anak-anak ini turut hadir ke Politeknik Tempo dan mengikuti buka bersama dengan para tamu undangan, termasuk Ketua Yayasan Rumah Edukasi Tempo Herry Hernawan.

 

Politeknik Tempo Jakarta didirikan oleh Yayasan Rumah Edukasi Tempo, yang merupakan hasil kolaborasi Grup Tempo Media bersama sejumlah tokoh di berbagai bidang.  Politeknik Tempo berkampus di Jalan Palmerah Barat 8 Jakarta, lokasi yang sama dengan Grup Tempo Media. Perguruan tinggi ini mendapatkan izin berdasarkan SK Kemendikbud no 057/D/OT/2021 pada 9 April 2021.

 

Program Studi pada Politeknik Tempo adalah Desain Media dengan gelar lulusannya Sarjana Terapan Desain Media (S.Tr.Ds.M.); Produksi Media dengan gelar Sarjana Terapan Ilmu Komunikasi, (S.Tr.I.Kom); serta Manajemen Pemasaran Internasional dengan gelar lulusan Sarjana Terapan Manajemen (S.Tr.M).

 

Direktur Politeknik Tempo, Shalfi Andri menjelaskan, kampusnya mengunggulkan kurikulum berbasis kompetensi dengan 144 SKS dan empat tahun masa perkuliahan, pengajar dari kalangan praktisi, serta kampus yang terintegrasi dengan industri media dan komunitas startup.  Ia juga mengatakan kampusnya memberikan kesempatan kepada siswa berprestasi untuk memperoleh beasiswa hingga lulus kuliah.

 

Saat ini, Politeknik Tempo Jakarta masih menerima pendaftaran calon mahasiswa melalui jalur mandiri, beasiswa, prestasi akademik, dan jalur SNMPTN.


Link pendaftaran bisa diklik di  https://linktr.ee/politekniktempojakarta