Berita & Artikel

Politeknik Tempo bersama Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana mengadakan…

Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Tempo dan Universitas Mercu Buana : Webinar Komunikasi Media Digital untuk Pelajar


Oleh : admin
09/02/2022
Bagikan :

TEMPO.CO, Jakarta - Masih dalam situasi Pengabdian Kepada Masyarakat atau PKM, Politeknik Tempo bersama Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana (UMB) mengadakan webinar edukatif yang menyasar pelajar SMPN 20 Tangerang Selatan. Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu, 9 Februari 2022 itu berfokus pada edukasi di bidang komunikasi media digital.

Program yang diikuti sekitar seratus orang peserta itu terbagi menjadi beberapa kelas, di antaranya literasi media digital, public speaking, dampak teknologi terhadap perubahan manusia, dan komunikasi lingkungan.

PIC  kegiatan, Muthia Rahayu mengatakan dalam kelas-kelas tersebut, para pelajar menerima materi dengan tema kegiatan yang edukatif serta aplikatif. Di antaranya, keterampilan berkomunikasi, public speaking, nettiquete bermedia sosial, komunikasi efektif, kreativitas decoupage, membangun wirausaha dan jurnalis di media digital, pengelolaan identitas digital, pemanfaatan media digital dalam membangun creative content, dan fotografi digital.

Kegiatan webinar diadakan secara online lantaran menyesuaikan dengan situasi pandemi. Di samping itu, Ketua program studi yang bersangkutan, Farid Hamid dalam sambutannya menuturkan Politeknik Tempo dan Fikom Mercu Buana ingin memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, khususnya di bidang komunikasi. “Kami ingin siswa-siswi SMPN 20 Tangerang Selatan mendapatkan ilmu pengetahuan, dan skill dalam bidang komunikasi, khususnya di bidang digital, public speaking dan komunikasi lingkungan,” katanya.

Menurut Hamid, hal itu dilakukan mengingat media baru telah mengubah pola kehidupan masyarakat, budaya, bahkan hampir segala aspek kehidupan manusia saat ini, termasuk dalam aktivitas komunikasi.

Tak hanya itu, Ridho Aslam, salah seorang PIC kegiatan menambahkan, materi yang disajikan cukup menarik dan interaktif. Sehingga tujuan dari kegiatan tersebut benar-benar tersampaikan. “Materi yang disampaikan sangat interaktif, sesuai dengan targetnya, yaitu kami para remaja yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan mendatang,” kata dia.

Kepala SMPN 20 Tangerang Selatan, Aa Suprayogi sebagai tuan rumah pun turut menyambut baik kegiatan pengabdian yang berhasil dilangsungkan. Ia berharap kerja sama antara Politeknik Tempo dengan Fikom Universitas Mercu Buana terus berlangsung sebagai upaya bersama membangun pemuda pemudi Indonesia yang cerdas, unggul, dan memiliki semangat gotong royong. Hal itu menandakan kampus mampu menaungi penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui program-program pengabdian kepada masyarakat.