Berita & Artikel

Pembicara Kresnawan Budiargo

Talkshow “Mengenal Dunia Animasi: Dari Sketsa hingga Produksi” salah satu kegiatan PARADISM VOL. 4 di Politeknik Tempo


Oleh : Admin
27/02/2025
Bagikan :

Politeknik Tempo-Talkshow “Mengenal Dunia Animasi: Dari Sketsa hingga Produksi” yang diselenggarakan pada Kamis, 27 Februari 2025, di Politeknik Tempo, sukses besar menarik perhatian para peserta yang sebagian besar merupakan siswa-siswi dari berbagai SMA dan SMK se-wilayah Jabodetabek. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan PARADISM VOL. 4, sebuah acara tahunan yang digelar oleh mahasiswa Desain Media Politeknik Tempo, dengan tujuan untuk memberikan wawasan dan keterampilan di bidang seni dan desain, khususnya dalam dunia animasi dan desain grafis.

Kresnawan Budiargo, S.Sn., M.Ds., atau biasa dipanggil Argo adalah seorang illustrator, motion graphic designer, dan content creator yang berpengalaman, didaulat sebagai narasumber utama dalam talkshow ini. Argo, yang dikenal luas dalam industri kreatif, membagikan pengetahuan mendalam mengenai proses pembuatan animasi, mulai dari tahap sketsa, desain karakter, hingga produksi animasi yang siap tampil di berbagai platform digital. Dalam sesi tersebut, ia juga mengungkapkan trik-trik dan teknik dalam motion graphic yang mampu membuat animasi tampak lebih dinamis dan sinematik.


Bertempat di Lt. 6 Perpustakaan Politeknik Tempo, acara ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mengenal dunia animasi secara langsung dari para profesional yang sudah berpengalaman di industri kreatif. Kresnawan membahas beberapa hal penting dalam pembuatan animasi, seperti penggunaan perangkat lunak desain yang umum dipakai dalam pembuatan animasi, serta proses yang harus dilalui agar sebuah ide dapat menjadi karya visual yang layak dipublikasikan.

"Animasi itu bukan hanya soal membuat gambar bergerak. Yang paling penting adalah bagaimana kita bisa mengekspresikan cerita dan ide-ide kreatif kita melalui elemen visual yang bisa menggerakkan audiens," ujar Argo dalam presentasinya. "Saya harap peserta bisa mengembangkan kemampuan mereka dalam dunia animasi dan mendapatkan inspirasi baru untuk membuat karya-karya yang unik dan orisinal."

Acara ini tidak hanya membahas aspek teknis pembuatan animasi, tetapi juga membahas pentingnya menciptakan konten yang eye-catching dan dapat menarik perhatian audiens di berbagai platform digital. Salah satu poin yang menjadi fokus dalam talkshow ini adalah bagaimana motion graphic dapat digunakan untuk menciptakan animasi yang lebih sinematik dan dinamis, yang sangat dibutuhkan di era digital dan sosial media saat ini.


Selain itu, acara ini juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berdiskusi langsung dengan Argo. Para peserta bisa mengajukan pertanyaan seputar dunia animasi dan mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya. Hal ini memberikan pengalaman berharga bagi mereka yang ingin terjun ke dunia kreatif, baik dalam pembuatan animasi, motion graphic, maupun pembuatan konten visual lainnya.

PARADISM VOL. 4, yang diselenggarakan oleh mahasiswa Desain Media Politeknik Tempo, merupakan bagian dari komitmen mereka untuk memajukan dunia seni dan desain di Indonesia, khususnya di bidang animasi dan desain grafis. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia seni digital kepada generasi muda serta memberikan mereka keterampilan praktis yang dapat diterapkan di dunia industri kreatif yang berkembang pesat.

Cindy, Ketua Program Studi Desain Media Politeknik Tempo, mengatakan, "Kami sangat senang bisa menyelenggarakan acara seperti ini yang tidak hanya memberikan pengetahuan teknis, tetapi juga menginspirasi para peserta untuk terus berkreasi. Kami berharap acara ini dapat membuka peluang bagi mereka untuk mengejar karir di bidang seni dan desain, khususnya animasi."

Selain talkshow ini, rangkaian kegiatan PARADISM VOL. 4 juga mencakup beberapa acara menarik lainnya, seperti workshop, pameran seni, dan kompetisi desain yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas serta keterampilan praktis bagi peserta. PARADISM VOL. 4 menjadi wadah yang sangat berguna bagi generasi muda yang ingin mengasah kemampuan mereka dalam dunia seni dan desain, sekaligus memperluas wawasan mereka tentang industri kreatif yang semakin berkembang.