Politeknik Tempo,
Jakarta – Program Studi Manajemen Pemasaran Internasional Politeknik Tempo
kembali menggelar kuliah umum dengan tema Marketing Best Practice, yang
menghadirkan Project Lead of Icownic sekaligus Head of Dairy Category PT
Ultrajaya Milk Industry, Bapak Sanfrandy. Kuliah ini menjadi bagian dari upaya
Politeknik Tempo untuk menghadirkan wawasan industri langsung dari para
praktisi industri kepada mahasiswa.
Sanfrandy berbagi
pengalaman tentang strategi yang diterapkan PT Ultrajaya Milk Industry &
Trading Company, Tbk. dalam mempertahankan posisinya sebagai market leader,
terutama melalui inovasi digital dan kampanye pemasaran kreatif. Ia menjelaskan
bahwa Ultra Jaya tidak hanya mengandalkan kualitas rasa tetapi juga aktif
membangun brand yang kuat dan relevan bagi generasi muda, khususnya Gen Z dan
Gen Alpha. Contoh nyatanya adalah kolaborasi dengan musisi ternama dan grup
K-Pop seperti Sheila on 7, ITZY dan STRAY KIDS.
Sanfrandy menyoroti
pentingnya pemanfaatan data dari platform digital untuk membuat pesan yang
tepat sasaran. Selain itu, Ultra Jaya juga telah mengadopsi teknologi terbaru
seperti NFT dan Web 3, serta membangun engagement melalui platform Discord.
Inovasi ini diharapkan dapat memberikan pengalaman interaktif bagi konsumen dan
meningkatkan loyalitas melalui program Ultra Reward.
Pada sesi diskusi,
Sanfrandy memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang strategi
branding yang diimplementasikan oleh Ultra Jaya, serta tentu saja, peluang
untuk melakukan internship di sana. Kesempatan ini disambut hangat oleh segenap
mahasiswa yang berebut untuk mengajukan pertanyaan. Mahasiswa yang beruntung
pertanyaannya dijawab tentu saja mendapatkan merchandise dari Ultra Jaya.
Politeknik Tempo
Jakarta yang didirikan oleh PT Tempo Inti Media Tbk. dan Yayasan Rumah Edukasi
Tempo resmi diluncurkan pada 31 Juli 2021 lalu. Sebelumnya, izin pendirian
kampus vokasi ini turun melalui SK Kemendikbud no 057/D/OT/2021 yang terbit
pada 9 April 2021. Politeknik Tempo
memiliki tiga program studi yakni Desain Media, Manajemen Pemasaran
Internasional, dan Produksi Media.