Berita & Artikel

Sanfrandy, Head of Dairy CategoryPT Ultrajaya Milk Industry

Kuliah Umum Prodi MPI: Branding pake K-Pop? Udah biasa! Ultra Jaya menjelajah hingga ke Web 3, NFT dan Discord untuk menjangkau Gen Z dan Gen Alpha


Oleh : Richard Kannedy dan Harry Jundrio
13/11/2024
Bagikan :

Politeknik Tempo, Jakarta – Program Studi Manajemen Pemasaran Internasional Politeknik Tempo kembali menggelar kuliah umum dengan tema Marketing Best Practice, yang menghadirkan Project Lead of Icownic sekaligus Head of Dairy Category PT Ultrajaya Milk Industry, Bapak Sanfrandy. Kuliah ini menjadi bagian dari upaya Politeknik Tempo untuk menghadirkan wawasan industri langsung dari para praktisi industri kepada mahasiswa.

 

Sanfrandy berbagi pengalaman tentang strategi yang diterapkan PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk. dalam mempertahankan posisinya sebagai market leader, terutama melalui inovasi digital dan kampanye pemasaran kreatif. Ia menjelaskan bahwa Ultra Jaya tidak hanya mengandalkan kualitas rasa tetapi juga aktif membangun brand yang kuat dan relevan bagi generasi muda, khususnya Gen Z dan Gen Alpha. Contoh nyatanya adalah kolaborasi dengan musisi ternama dan grup K-Pop seperti Sheila on 7, ITZY dan STRAY KIDS.

 

Sanfrandy menyoroti pentingnya pemanfaatan data dari platform digital untuk membuat pesan yang tepat sasaran. Selain itu, Ultra Jaya juga telah mengadopsi teknologi terbaru seperti NFT dan Web 3, serta membangun engagement melalui platform Discord. Inovasi ini diharapkan dapat memberikan pengalaman interaktif bagi konsumen dan meningkatkan loyalitas melalui program Ultra Reward.

 

Pada sesi diskusi, Sanfrandy memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang strategi branding yang diimplementasikan oleh Ultra Jaya, serta tentu saja, peluang untuk melakukan internship di sana. Kesempatan ini disambut hangat oleh segenap mahasiswa yang berebut untuk mengajukan pertanyaan. Mahasiswa yang beruntung pertanyaannya dijawab tentu saja mendapatkan merchandise dari Ultra Jaya.

 

Politeknik Tempo Jakarta yang didirikan oleh PT Tempo Inti Media Tbk. dan Yayasan Rumah Edukasi Tempo resmi diluncurkan pada 31 Juli 2021 lalu. Sebelumnya, izin pendirian kampus vokasi ini turun melalui SK Kemendikbud no 057/D/OT/2021 yang terbit pada 9 April 2021.  Politeknik Tempo memiliki tiga program studi yakni Desain Media, Manajemen Pemasaran Internasional, dan Produksi Media.