Berita & Artikel

Peserta Solity 2023

SOLITY 2023 Politeknik Tempo, Universitas Pancasila dan Universiti Utara Malaysia Mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah


Oleh : Darling Adamson Siregar & Almira Carin Rezdianti
06/12/2023
Bagikan :
Politeknik Tempo - Selasa, 6 Desember 2023, sebuah acara gabungan antara tiga kampus, yaitu Politeknik Tempo, Universitas Pancasila, dan Universiti Utara Malaysia, digelar di Taman Mini Indonesia Indah, dimulai pukul 9 pagi. Acara ini menjadi titik pertemuan bagi mahasiswa-mahasiswa dari ketiga institusi tersebut, membentuk ikatan kebersamaan dalam pengalaman lintas kampus.

Acara diperinci menjadi enam kelompok gabungan yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa dari ketiga kampus. Politeknik Tempo diwakili oleh sembilan orang, Universiti Utara Malaysia dengan delapan belas peserta, dan sepuluh orang dari Universitas Pancasila. Totalnya, terdapat 108 peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Masing-masing kelompok memiliki tanggung jawab untuk menjalani kunjungan ke berbagai tempat anjungan, yang mana setiap anjungan tersebut mencerminkan rumah adat dari berbagai provinsi di Indonesia. Inisiatif ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman mahasiswa mengenai keberagaman budaya di negeri ini. Panitia acara menetapkan persyaratan khusus untuk setiap kelompok, yaitu membuat vlog yang mereview rumah adat di tempat-tempat yang mereka kunjungi. Hal ini diharapkan dapat menjadi bentuk apresiasi dan pemahaman yang lebih mendalam terhadap kekayaan budaya Indonesia.

Tak hanya dihadiri oleh mahasiswa, acara ini juga mendapat dukungan dari pihak akademis. Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Tempo, Muhammad Nur Hidayat, turut serta dalam acara ini. Keberadaannya menjadi motivasi tambahan bagi mahasiswa, memberikan inspirasi dan arahan seputar pengembangan akademik dan potensi diri.

Dosen Politeknik Tempo, Rachma Tri Widuri, juga turut berperan dalam mendampingi mahasiswa selama acara berlangsung. Kehadiran dosen sebagai pembimbing dan fasilitator memberikan nilai tambah dalam proses pembelajaran di luar kelas, memperkaya pengalaman mahasiswa dalam berinteraksi dan berkolaborasi dengan dosen.

Pada pukul 12.00, acara di Taman Mini Indonesia Indah dihentikan untuk memberikan waktu istirahat dan makan siang bagi seluruh peserta. Suasana santai ini menjadi momen berharga untuk mempererat hubungan antar-mahasiswa dari tiga kampus yang berbeda. Setelah istirahat, agenda berlanjut dengan kunjungan ke kampus Universitas Pancasila.

Kunjungan ke kampus Universitas Pancasila tidak hanya menjadi ajang pertukaran pengetahuan, tetapi juga menjadi kesempatan untuk melakukan proses pengeditan video vlog yang sudah dibuat oleh masing-masing kelompok. Kreativitas dan kolaborasi antar-kampus tercermin dalam hasil akhir video vlog tersebut.

Melalui acara ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman lapangan yang berharga, tetapi juga membangun jaringan dan kerjasama lintas kampus. Kolaborasi antar institusi pendidikan ini diharapkan dapat menjadi teladan positif bagi mahasiswa dalam menghadapi tantangan global serta memperkuat solidaritas antar mahasiswa Indonesia dan Malaysia. Acara ini memberikan dampak positif dalam pengembangan soft skill, peningkatan pemahaman budaya, dan peningkatan kapasitas akademik bagi semua peserta.