Berita & Artikel

Mahasiswa Program Studi Manajemen Pemasaran Internasional

Kuliah Umum “Mengenal Prinsip Champs Dan Total Quality Management Di KFC”


Oleh : Deswina Anfarizi dan Harry Jundrio
20/10/2023
Bagikan :

Politeknik Tempo - Jumat20 Oktober 2023 Program Studi Manajemen Pemasaran Internasional (Prodi MPI) telah mengadakan Kuliah Umum. Pemateri kuliah umum kali ini yaitu Dra. Ade Suryani Nasroel, M.M.CEAP, CEIP. Sedangkan pembawa acara kuliah umum ini adalah Nabila Ainiyyah, mahasiswa MPI angkatan 2023. Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Kepala Program Studi Manajemen Pemasaran Internasional Dr. Ardiansyah, S.Kom., M.M.

 

Ade Suryani Nasroel, yang akrab dipanggil dengan Bu Ade, merupakan Asesor P1 di Kalangan KFC. Sesi materi ini dibuka dengan perkenalan sejarah PT Fast Food Indonesia, Tbk. KFC pertama kali ada di Indonesia tepatnya di Melawai Jakarta Selatan pada tahun 1979 yang didirikan oleh Gelael Group.

 

Ade juga menjelaskan bagaimana di dunia kerja menerapkan disiplin waktu. Selain itu, Ia juga menjelaskan profesionalisme seorang manajer dalam mengelola restoran KFC dengan menerapkan konsep CHAMPS. CHAMPS sendiri merupakan singkatan dari Cleanliness, Hospitality, Accuracy, Maintenance, Products, dan ServiceOperational Excellence (OE) 100% menjalankan konsep CHAMPS.   

 

Di samping itu, Ade juga membagikan pengalaman-pengalaman tentang service quality di KFC. Bagaimana penampilan yang rapi serta sapaan yang ramah kepada konsumen. Tidak hanya bagaimana menyambut konsumen, bagaimana food safety basic di KFC. Dalam industri ini, KFC menerapkan Sistem Jaminan Halal (SJH) yang setiap 2 tahun diperpanjang.  

 

“Biasanya Dewan Direksi meminta setiap dalam jangka waktu tiga bulan, menu harus berinovasi. Hal ini dilakukan supaya konsumen tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja,” ujar Ade.

 

Selain itu, dijelaskan pula tentang supply chain di KFC. KFC menerapkan sistem Total Quality Management (TQM). Produk KFC semua produk lokal Indonesia kecuali dengan bumbu marinasi. Bumbu marinasi KFC sendiri sudah menjadi hak paten di setiap gerai KFC yang ada di Indonesia.

 

Setiap gerai KFC dimanapun selalu menerapkan SOP yang sudah ada. Apabila konsumen mendapatkan pengalaman rasa yang berbeda di setiap cabang KFC, maka cabang tersebut tidak menerapkan SOP dengan benar.

 

Di acara kuliah umum ini, Bu Ade juga membagikan voucher KFC bagi setiap mahasiswa yang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan.