Berita & Artikel

Penutupan kuliah umum oleh Direktur Politeknik Tempo, Shalfi Andri yang…

Kuliah Umum#2 Politeknik Tempo Dorong Semangat Wawasan Kebangsaan dan Demokrasi


Oleh : admin
05/03/2022
Bagikan :

TEMPO.COJakarta -  Pada Sabtu, 5 Maret 2022, Politeknik Tempo melaksanakan kuliah umum dengan tema ‘Wawasan Kebangsaan di Tengah Perubahan Zaman’. Dalam kuliah umum ini menghadirkan dua pemateri, yaitu Direktur Institut Sarinah, Tim Independen Reformasi Birokrasi, Eva Kusuma Sundari dan Direktur PT Tempo Inti Media, Tbk., Budi Setyarso. Kuliah umum ini merupakan kuliah umum kedua dalam rangkaian kuliah umum untuk menyambut Dies Natalis pertama Politeknik Tempo.

 

Selama satu setengah jam berlangsung, kuliah umum ini mengulas hal-hal menarik seputar wawasan kebangsaan dan demokrasi. Pemateri pertama, Eva Sundari, menyampaikan tentang wawasan kebangsaan melalui perspektif sosio demokrasi Indonesia. Menurutnya, inti demokrasi adalah kesejahteraan dan proses memeroleh kesejahteraan yaitu melalui identitas ekonomi Indonesia. Eva memberikan contoh koperasi sebagai bentuk implementasi kesejahteraan berdasarkan sila ke-5 Indonesia.

 

“Merujuk pada pidato Ir Soekarno pada 1 Juli 1945, maksud dari keadilan sosial adalah tidak ada kemiskinan, tidak ada orang yang kehujanan tidak punya rumah, tidak ada yang masuk angin karena tidak punya baju, tidak ada yang bisa sekolah, itu tidak boleh,” tutur mantan legislator dari FPDIP ini.

 

Sementara itu, pemateri kedua, Direktur PT Tempo Inti Media, Tbk., Budi Setyarso, memberikan materi tentang mahasiswa yang berpikir terbuka. Budi mengatakan bahwa semangat dan wawasan kebangsaan bisa hadir melalui pikiran terbuka dengan berpegang pada nilai-nilai kemanusiaan serta kesetaraan anti korupsi, demokrasi  dan tetap mengedepankan sikap peduli terhadap sesama.

 

“Mahasiswa Politeknik Tempo selalu setia pada nurani, berkarya dengan pikiran terbuka demi memajukan negeri, mengharumkan nama pertiwi, menuju Indonesia Berjaya...” ujar Budi mengutip lirik Hymne Politeknik Tempo yang cdiiptakannya.

 

Sesi berikutnya diisi dengan tanya-jawab para peserta dengan para pemateri. Para peserta begitu antusias dan diskusi berjalan secara interaktif. Sejumlah pertanyaan dan jawaban terjadi dengan sangat edukatif.

 

Politeknik Tempo adalah kampus vokasi yang didirikan oleh Yayasan Rumah Edukasi Tempo pada 27 April 2021. Kampus ini terletak di Jalan Palmerah Barat No.8 satu gedung dengan Tempo Media Group.  Politeknik Tempo memiliki tiga program studi yakni Desain Media, Manajemen Pemasaran Internasional, dan Produksi Media.

 

Kampus vokasi Politeknik Tempo memiliki sistem perkuliahan 40 persen teori dan 60 persen praktek. Kurikulum ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi anak muda yang ingin terus kreatif, mandiri, dan siap kerja.